Air Terjun Madakaripura, Jawa Timur

Air terjun MADAKARIPURA

Heiii you and you are waterfall lovers....
Kalau lagi di Malang atau Probolinggo hampirilah tempat wisata satu ini "Air Terjun Madakaripura". Air Terjun Madakaripura terletak di Kec. Lumbang, Kab. Probolinggo, Jawa Timur. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. 
Saya beserta rombongan (traveller dari guide "Mendadak Traveller" keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta hari Jumat 27 Agustus 2015 pukul 14:00 WIB dengan kereta Kertajaya). Pada hari Sabtu, 28 Agustus 2015 sekitar pukul 02:00 WIB sampailah kami di Stasiun Pasar Turi (Surabaya). 

Stasiun Surabaya Pasar Turi, via: dok. Pribadi


     Dari stasiun perjalanan dilanjutkan ke arah Probolinggo, yaitu Air Terjun Madakaripura dengan naik travel ELF. Kapan lagi naik kendaraan yang ber-plat "W" seperti di bawah ini..? hehee Plat W adalah plat kendaraan untuk Kabupaten Sidoarjo. Itu di ELF bagian belakang ada nomor kontaknya, barangkali ada yang membutuhkan ketika mau jalan-jalan di daerah Surabaya, Malang, Sidoarjo dan sekitarnya bisa mencoba hubungi kontak tersebut. :D  

Travel ELF yang mengantarkan kami menuju Air Terjun Madakaripura, via: dok. Pribadi

     Sebelum mencapai lokasi air terjun, kami berhenti untuk sarapan di Rumah Makan "TONGAS ASRI" yang beralamatkan "Jalan Raya Tongas KM. 84, Probolinggo, Jawa Timur" harga di rumah makan ini cukup terjangkau kok dan tempatnya bersih jadi nyaman lah yaa untuk menyantap makanan.

Rumah Makan TONGAS ASRI, Probolinggo, via: dok. Pribadi

Rombongan "Mendadak Traveller" di Rumah makan TONGAS ASRI, via: dok. Pribadi 

     Hmm...yummyyyy,, lidah tidak bisa menipu, ketika perut lapar dan bisa menyantap makanan yang enak itu terasa nikmat sekali. Perut sudah kenyang, otomatis mood jadi lebih baik donk,, yuuuk cusss lanjutkan perjalanan kembali. Lama perjalanan dari Rumah makan ini ke Air terjun Madakaripura kurang lebih 40menit dengan pemandangan kanan kiri jalan banyak pepohonan jadi terasa segar dan sejuk di mata. Jarak rumah antar penduduk juga agak renggang, beda banget lah yaa sama Ibukota..hehee Jalanan menuju air terjun cukup menggoyang perut karena waktu itu jalanan beraspalnya sudah banyak yang berlubang. Setelah perut cukup tergoyang, sampailah kami di pintu masuk Air Terjun Madakaripura,, yeaaayyy
     Jangan kaget yaa, waktu turun dari ELF banyak yang nawarin sandal jepit, kantong kresek dan jas hujan plastik dengan alasan jalanannya licin, biar tidak basah waktu berjalan ke air terjun. Ya, alasan mereka benar kok, kalau anda merasa sandal atau sepatu kurang safety lebih baik beli saja sandal jepit (harganya Rp. 10.000,-). Dan bagi anda yang tidak mau basah-basah sebaiknya beli jas ujan plastik (harga Rp. 10.000,-) karena sebelum mencapai air terjun utamanya Madakaripura terdapat air terjun lainnya yang seperti air hujan.

Patung Gajah Mada, menandakan perjalanan melangkahkan kaki dimulai, via: dok. Pribadi

Tulisan MADAKARIPURA berada di belakang patung Gajah Mada, via: dok. Pribadi

     Ketika anda sudah menjumpai patung Gajah Mada tersebut berarti perjuangan anda melangkahkan kaki menuju Air terjun Madakaripura baru dimulai. Semangat ya kakaaaa... hehee
Akses ke air terjun dari patung Gajah Mada menarik sekali, lebar jalananya kurang lebih 1meter tetapi sudah cor-cor an jadi lebih mudah. Jangan lewatkan moment sepanjang perjalananmu menuju air terjun. Kanan kiri ada jurang, tebing, sungai, naikkan sudut mata anda ke atas dan anda bisa mendapati langit yang bersih dan biru, paduan hijaunya pepohonan dan birunya langit menambah syahdu nya moment saat itu.

Jalanan setapak menuju Air Terjun Madakaripura, via: dok. Pribadi 

Pemandangan selama jalan kaki menuju Air Terjun Madakaripura, via: dok. Pribadi


     Perjalanan tidak lebih dari 30menit (itu sudah santai banget, suka berhenti untuk foto-foto) sampailah di air terjun kecilnya Madakaripura. Waaah amazing banget disini, tidak sia-sia perjuangan melelahkan sebelumnya, pasti tergantikan bahkan lebih ketika anda melihat cantiknya ciptaan Tuhan. 


Salah satu Air Terjun Madakaripura sebelum ke air terjun utamanya Madakaripura, via: dok. Pribadi


     Waaah seru banget main air disini, seperti diguyur derasnya air hujan, dingin sekali air disini, nyeess daah. Nah alasannya musti pakai jas hujan tuh untuk disini nii, tapi bagi yang tidak ingin membasahi diri, kalau yang sengaja mau membasahi diri sih tidak perlu pakai jas hujan. Jangan lupa sama barang bawaan anda, bungkus kantong kresek biar tidak basah ketika melewati ini soalnya tidak ada jalan lain lagi untuk menuju air terjun utamanya Madakaripura. Hati-hati juga karena medan jalanan disini itu bebatuan dan licin.

On Bottom, Salah satu Air Terjun Madakaripura sebelum ke air terjun utamanya Madakaripura, via: dok. Pribadi

Suasana di bawah air terjun kecilnya Madakaripura, via: dok. Pribadi

     Merelakan kamera kena percikan air demi mengabadikan moment disini..hahaa don't regret laaah... Oiyah ada satu lagi yang mengagumkan disini. Mata anda bisa melihat pelangi di atas bebatuan, ini mungkin efek dari sinar matahari juga sih. Decak kagum melihatnya.


Pelangi di Air Terjun Madakaripura, via: dok. Pribadi


     Setelah puas dengan view disitu, lanjut yuuuk jalan kaki 2menit lagi dan lebih tinggi lokasinya. Disini nih yang tidak kalah amazing air terjunnya. Air terjun utamanya Madakaripura, air terjun ini setinggi 200meter, makanya bisa mendapati gelar air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. 


Air Terjun Utama Madakaripura (tertinggi di Pulau Jawa & tertinggi kedua di Indonesia), via: dok. Pribadi


Air Terjun Utama Madakaripura (tertinggi), via: dok. Pribadi


     Lebar juga kan air terjun Madakaripura..? hati-hati kalau berenang di bawahnya air terjun, kedalaman airnya mencapai 7meter. Dan airnya disini amat sangat dingin, seger sih buat basuh-basuh wajah..hehee main airnya di tepian saja yaa..!!!
     Yuhuuu,,, cukup untuk seputar Air Terjun Madakaripura, gimana guys..? Menarik bukan untuk masuk salah satu list travelling anda. Air terjun ini berasa kaya air terjun bukan di Indonesia, padahal ini masih Indonesia loh guys, masih di Pulau Jawa juga. Kalau lagi jalan-jalan ke Jawa Timur, sempatin berkunjung kesini ya guys, biar bisa selalu mengingatkan kita untuk tetap bersyukur atas nikmat yang diberikan kepada kita. Tuhan benar-benar ada, Tuhan benar-benar sayang kepada kita karena masih memberikan lensa terbaik yaitu mata kita, dan masih memberikan kesehatan dan rejeki tiada batas sehingga kita masih bisa menikmati ciptaan-Nya.

Salam hangat untuk traveller Indonesia,, ^,^

Komentar