Explore Pulau Pramuka lanjut Snorkeling ke Pulau Gosong & Pulau Air, Kepulauan Seribu

Hellooo bradah and sistah,,,
     Siapa yang belum pernah ke Pulau Gosong, Pulau Air sama Pulau Pramuka..? Ketiga pulau tersebut adalah gugusan Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Pulau Air ini masih tergolong baru, makanya saya penasaran banget berkunjung ke pulau tersebut. Biasalah i'm employee jadi ambil waktu weekend untuk menikmati pulau-pulau tersebut. Berangkatan hari Sabtu tanggal 6 Februari'16 pukul 08:00 WIB dari Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta. Yang dulu keberangkatan penumpang dan kapal ikan jadi satu tempat, sekarang sudah terpisah. Bisa dibilang sekarang lebih manusiawi pelabuhannya. #peace...!! Jangan salah yaa,, sekarang kapal yang menuju ke beberapa Kepulauan Seribu itu sudah lebih gedean, ada kursi di lantai 1, lebih nyaman lah dibanding yang dulu-dulu, mungkin karena peminat yang berkunjung ke Kepulauan Seribu makin banyak dan ramai tiap minggunya.

Kondisi di dalam kapal yang menuju ke Kepulauan Seribu

Testing xiaomi yi sambil nunggu kapal take off.. :D

     Selama di kapal mata melihat kanan kiri depan belakang view-nya air laut semua... Hahaha itu berarti kami sudah berada di tengah lautan, masih belum terlihat pulau-pulau kecil. Lama perjalanan dari Pelabuhan Kali Adem ke Pulau Pramuka kurang lebih 2.5 jam. Sesampainya di Pulau Pramuka dan turun dari kapal, euwww ini toh yang namanya Pulau Pramuka, kesan pertamanya ini pulau berasa paling berbeda dibanding pulau lain di Kepulauan Seribu yang sudah pernah saya kunjungi. Pulau ini dermaganya cukup luas, tepi pantainya bersih, benar-benar terasa kalau kami para pengunjung itu seperti tamu yang disambut dengan suasana pantai banget,, yaiyalah namanya juga pulau di tengah lautan.. :D Maksudnya sepanjang jembatan dari tempat turunnya penumpang sampai dengan masuk gapuranya Pulau Pramuka itu, kanan kiri sudah bisa melihat ikan-ikan kecil dan terumbu karang, kan jadi pingin segera nyebur.. Hahaa

Dermaga / pelabuhan Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

     Waktunya ishoma niih,, makan siang sudah disiapkan oleh agen travel. Ngobrol-ngobrol sama teman se-group lalu merembet ke group lain sambil menunggu perahu yang akan mengantarkan kami snorkeling ke Pulau Gosong dan Pulau Air.

Penunjuk arah di Pulau Pramuka

Anggap saja ini gapura selamat datang di Pulau Pramuka

     Di Pulau Pramuka ini ada penangkaran penyu juga loh guys, lokasinya sekitar 1km an dari selamat datang di Pulau Pramuka, melewati rumah warga, dan berdekatan dengan area konservasi Mangrove.

Area konservasi Mangrove, Pulau Pramuka.


Rumah Penyu, Pulau Pramuka.

 Rumah Penyu, Pulau Pramuka.
     
     Yuuk lah, sudah waktunya snorkeling. Sebelum snorkeling, kami disarankan untuk  melakukan pemanasan dulu, lokasi yang dipilih adalah Pulau gosong. hmmm...kalian pasti sering banget dengar nama pulau tersebut, memang banyak nama Pulau Gosong di Kepulauan Seribu karena tiap kali ada daratan yang full pasir putih berada di tengah laut dan tidak terlalu luas akan dijuluki Pulau Gosong. Disini terik banget kakaaaak...

Pulau Gosong, Kepulauan Seribu.

 Suasana briefing di Pulau Gosong, pemanasan sebelum snorkeling.

Langit akhir pekan di Pulau Gosong, Kepulauan Seribu.

     Cukup 30menitan kami berada di Pulau Gosong kemudian lanjut ke lokasi untuk snorkeling, yaitu disekitaran Pulau Air. Jangan lewatkan view sekitar waktu melewati perairan diantara pulau ini, jadi ada 2 pulau dan ditengahnya ada pantai selebar kurang lebih 30an meter yang bisa dilalui oleh perahu. Keunikkan Pulau Air menurut saya adalah warna airnya yang hijau tosca berbeda dari lainnya, suka bangeeeet. Sayangnya kami tidak diperkenankan berenang di pantai yang berada diantara Pulau Air ini karena cukup dalam.

Warna air di Pulau Air, Kepulauan Seribu.

Melewati perairan diantara Pulau Air, Kepulauan Seribu.

     Setelah melewati Pulau Air akhirnya tibalah snorkeling time,, yeaayyy main aiiiir.. :D Spotnya asyik sih ada yang dangkal dan ada yang cukup dalam. Selalu hati-hati yaa kalau snorkeling karena ada banyak karang, kalau sampai terluka kena karang kan kasian periiih. hahaa
Biar ikan mau berdatangan, pancing pakai roti dulu. tapi menurut saya ikannya di perairan sini masih malu-malu banget, kalau tidak dipancing pakai roti tidak mau datang, mungkin karena pulau ini masih tergolong baru dan belum begitu banyak yang snorkeling disini jadi gitu deh ikannya.

Snorkeling di sekitar Pulau Air, Kepulauan Seribu.

Keindahan dasar laut di sekitar Pulau Air, Kepulauan Seribu.

Beberapa terumbu karang di sekitar Pulau Air, Kepulauan Seribu.

     Snorkeling selama kurang lebih 2 jam, masih pingin tambah lagi sebenarnya tapi waktu sudah menunjukkan pukul 16:00 WIB. Sudah waktunya menuju Pulau Semak Daun.
Visit to http://megalata-uci.blogspot.co.id/2016/03/liburan-ke-pulau-semak-daun-kepulauan.html

Komentar

  1. Halo mba ini naik dari angke tp kapalnya yg bagus ya? Kalo boleh tau nama kapalnya apa trus brp ya? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallooo juga kak, iya naik dari angke yg pelabuhan Kali Adem nya. Sepertinya semua kapal kalo ke pulau pramuka skrg lbh bagus drpd dulu, udah ad kursi yg di lantai bawah. Waktu itu 40rb kak ^_^

      Hapus

Posting Komentar