Liburan Ke Garut, Pantai Santolo

Helloooo googlers,,,,

Bingung liburan akhir pekan mau kemana?
Jangan bingung lah, saya kasih referensi nih bagi yang suka main air.. :D
Ada salah satu pantai bernama Pantai Santolo di Pameumpuk, Garut, Jawa Barat. Pantai ini masih turutan pantai selatan jadi ombaknya lumayan gede lah yaa. Tapi uniknya disini tuh di seberang pantai utamanya Santolo ada pantai lagi yang airnya itu tenang, tidak terkena ombak besar karena tepi pantainya terdapat karang-karang.

Tepi Pantai Santolo yang terdapat bebatuan karang

     Bagi anda warga Jakarta, perjalanan menuju Pantai Santolo memakan waktu kurang lebih 10 jam, itupun sempat istirahat tidur 1 jam dan berhenti ngopi-ngopi 1 jam. Perlu diperhatikan juga nih, ambil soal waktu keberangkatannya, biar perjalanan ketika di Gunung Gelap itu keadaannya masih terang karena jalanannya banyak tikungan berkelok-kelok lalu sisi kanan ada tebing dan sisi kiri ada jurang. Jalan beraspalnya juga pas banget untuk 2 jalur mobil bolak-balik. Mulai melewati daerah Gunung Gelap ketika perjalanan anda sudah 4 sampai 5 jam dari Jakarta.

Jalanan berkelok-kelok (hasil screenshot di aplikasi waze)

Saya bersama teman-teman total berenam, berangkat dari Jakarta sekitar pukul 23:30 WIB naik mobil pribadi. Sampai di daerah Gunung Gelap sudah pagi, sekitar pukul 07:00 WIB perut sudah eneg banget sama jalanan berkelok-kelok yang tidak ada habisnya, akhirnya memutuskan untuk coffeebreak dulu lah, berhenti di sebuah warung pinggiran jalan ~~berharap ketemu gorengan juga~~
Hehehee

Coffee break

Perut sudah aman, mood sudah lebih baik, so lanjut perjalanan lagi. Pukul 10:00 WIB sampailah kami di gerbang Pantai Santolo, ada biaya masuk per orang Rp. 3000,-. Senengnya waktu itu, setelah perjalanan yang melelahkan. Langsung dah nyari-nyari "pantai dimana pantaiii?" :D tidak jauh dari tempat parkir sudah nampak pantainya. Mata langsung lope-lope deh melihat tarian ombak di tepi pantai.. 
Pantai Santolo, Pameumpuk, Garut, Jawa Barat


Pantai Santolo, Pameumpuk, Garut, Jawa Barat


Pantai Santolo, Pameumpuk, Garut, Jawa Barat

Mesti hati-hati loh yaa kalau main air di pantai ini, karena ombaknya besar. Main di air pantai yang tenang mungkin sudah biasa bagi warga Jakarta karena cukup dekat dengan Kepulauan Seribu, sesekali boleh laah nyobain pantai yang seperti ini...
Nah, kami kesini kan backpackeran, jadi nyari lokasi untuk mendirikan tenda. Kami nyeberang ke pulau sebelah kiri dari pantai Santolo ini. Padahal jarak pulaunya kurang lebih 10meter tapi tidak memungkinkan untuk jalan kaki karena cukup dalam, jadi tetap aja naik perahu kecil gitu per orangnya Rp. 2000,-
Penyeberangan ke Pulau Santolo

Sebelum nyeberang kami beli ikan salem (1/2Kg Rp. 8.000,-) sama cumi (1Kg Rp. 22.000,-) untuk dimasak waktu di Pulau Santolo nanti. Setelah tiba di Pulau Santolo, perut lapeeeer banget. Ternyata disitu banyak warung yang nawarin dimasakkin ikan sama nasi, karena kami sudah kelewat lapar akhirnya menerima tawaran ibu-ibunya warung. Sepaket Rp. 40.000,- (beras dari ibu warung, ikan dari kami). Kami nunggu siapnya masakan sambil nyantai duduk di Gazebo tepi pantai.

Gazebo di tepi pantai Pulau Santolo


Nasi dan ikan hasil masakkan Ibu-ibu warung :D

Makan siang sudah, nyantai sejenak sudah. Yasudah tiba waktunya mendirikan tenda, ambil lokasi tepi pantai donk. Habis tu mainan air sepuasnya sambil menanti sunset. Uniknya lagi tepi pantai yang ada batu karangnya membentuk cekungan, 

Nge-camp di tepi pantai Pulau Santolo

Cekungan batu karang di pantai Pulau Santolo


Main air di pantai Pulau Santolo

Waktu itu langit mendung banget, jadi tidak dapat sunset yang menarik ~~syebel
Aktivitas malam seperti biasanya orang-orang yang nge-camp, bikin api unggun, dan kali ini bakar cumi-cumi, bakar ikan mah sudah biasa...hahaha
Pukul 22:00 WIB sudah siap-siap untuk istirahat, tiap malam disini akan ada penjaga keamanan yang keliling di area camp, jadi jangan kaget kalau tengah malam ada suara jejak kaki melangkah. Oiyaa,, yang terbiasa ngecamp di pantai yang tenang mungkin agak ngerasa berbeda ketika ngecamp di pantai selatan yang memiliki ombak besar. Pada malam hari dan sunyi, terdengar suara ombak seperti suara angin besar, agak serem tapi no problem guys.
Bangun pagi-pagi, masak buat sarapan, terus beres-beres karena rencana maksimal jam 10:00 WIB sudah berangkat balik ke Jakarta.

Menu sarapan pagi


Wefie sebelum sarapan :-D

"SELAMAT DATANG PANTAI SANTOLO"

Padahal itu udah mau balik dari Santolo tapi baru foto disitu. -__-
Sebelum ke tempat parkir, ditawarin melihat jembatan "sayang heulang" jadi jembatan ini adalah penghubung Sayang heulang dengan pantai Santolo. View nya cukup membuat bibir senyum lebar..

Jembatan Sayang Heulang, Garut Selatan.

Bye-bye Santolo dan Sayang Heulang, terima kasih untuk secuil keindahan yang kamu tunjukkan ke mata kami dan membuat hati lebih lapang lebih bersyukur karena masih diberi kenikmatan yang luar biasa sehingga bisa menikmati keindahanmu.
^_^
--------------------------------------------
my travelmate :
Windani, Suci, Denny, Ikbal, Mufti
--------------------------------------------

Komentar

Posting Komentar